RPP Fisika Tekanan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah : SMP N 10 Palembang
Kelas/Semester : VIII / 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 x 40 menit
)
Standar Kompetensi :5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam
kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :5.5Menyelidiki tekanan pada
benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
Kognitif :
1. Menjelaskan pengertian tentang tekanan
2. Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan
3. Menemukan hubungan
antara gaya, tekanan,dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan.
4. Menemukan persamaan
matematis dari tekanan zat padat melalui percobaan
5. Menentukan besar tekanan
yang diberikan suatu benda zat padat menggunakan pers. P=F/A.
6. Mengaplikasikan konsep
tekanan benda padat dalam pemecahan masalah sehari-hari.
Psikomotorik :
-
Afektif :
1. Memiliki kemampuan
berpikir ilmiah (logis, ilmiah, dan berurutan), disiplin, tanggung jawab,
teliti, dan jujur.
2. Memiliki sikap
bekerjasama.
3. Meningkatkan kemampuan
menyampaikan pendapat.
A. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif :
1. Dengan kalimat sendiri, siswa dapat menjelaskan
pengertian tentang tekanan.
2. Melalui diskusi Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
tekanan terjadi pada zat padat, cair, dan gas.
3. Berdasarkan hasil percobaan, siswa dapat menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan.
4. Berdasarkan analisis
data percobaan, siswa dapat menemukan hubungan antara
gaya,tekanan,dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan.
5. Berdasarkan diskusi
analisis data percobaan, siswa dapat menemukan persamaan matematis
dari tekanan zat padat melalui percobaan.
6. Setelah melakukan
percobaan dan diskusi, siswa dapat menentukan besar tekanan yang diberikan
suatu benda zat padat.
7. Melalui latihan
mengerjakan soal, siswa dapat menerapkan persamaan P=F/A untuk menghitung
tekanan yang diberikan suatu zat padat.
8. Melalui diskusi tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan contoh aplikasi konsep tekanan benda padat dalam
pemecahan masalah sehari-hari.
Psikomotorik :
-
Afektif :
1. Siswa memiliki kemampuan
berpikir ilmiah (logis, ilmiah, dan berurutan), disiplin, tanggung jawab,
teliti, dan jujur.
2. Siswa memiliki sikap
bekerjasama.
3. Siswa memiliki kemampuan
menyampaikan pendapat.
B. Materi Pembelajaran :
Tekanan adalah besarnya gaya tiap satuan luas
permukaan yang dikenai gaya. Tekanan terjadi pada zat padat, cair, dan gas.
Tekanan Zat Padat
Semakin besar berat suatu benda, tekanannya semakin besar. Semakin kecil
luas permukaan suatu benda, tekanannya semakin besar. Dengan memperhatikan
hal-hal tersebut di atas, besar tekanan yang dialami suatu benda dapat
dinyatakan dalam persamaan berikut.
Keterangan:
P : tekanan (Pascal atau N/m2)
F : gaya tekan (N)
Contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari: permukaan paku dibuat runcing,
pisau harus tajam, telapak kaki bebek berselaput, dll.
C. MetodePembelajaran:
1. Model : - CTL
(pendekatan kooperatif, inquiry dan PBL)
2. Metode : - eksperimen
- Diskusi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
D. Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal (5 menit)
Motivasi dan Apersepsi:
- Menyampaikan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang ada kaitannya dengantekanan, khususnya tekanan zat padat :
· Guru bercerita kepada siswa : pisau yang kita gunakan
harus tajam.
· Kita akan sulit berjalan di tanah yang lembek apabila
memakai sepatu dengan luas permukaan sol kecil.
· Paku, jarum dibuat
runcing.
Mengapa semuanya harus seperti itu?
· Guru meminta siswa untuk menekan salah satu ujung jari
menggunakan ujung pensil yang runcing! Kemudian menggunakan ujung pensil yang
tidak runcing!
Guru bertanya: ujung pensil manakah yang dapat membuat
jari sakit?
2. Mengkomunikasikan tujuan
pembelajaran: kognitif dan afektif (keterampilan sosial dan
perilaku berkarakter).
Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi:
- Guru menunjukkan
gambar bekas sepatu pada tanah dan menanyakan kepada siswa mengapa hal itu
terjadi?
- Guru menanyakan kepada siswa, apabila kita menjatuhkan
dua benda dengan massa yang berbeda pada plastisin, massa yang manakah yang
akan membekas lebih dalam?
Elaborasi :
- Guru membantu siswa dalam pembentukan kelompok terdiri atas 5-6 siswa
secara heterogen untuk mengerjakan LKS(terlampir).
- Guru membagi LKS untuk masing-masing kelompok
- Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk mengambil alat dan
bahan untuk melakukan percobaan.
- Guru membimbing siswa melakukan kegiatan sesuai petunjuk yang ada di LKS
(guru hanya sebagai fasilitator dan memberikan kebebasan kepada siswa agar
lebih kreatif melakukan percobaan).
- Selain itu, guru mengamati aktivitas siswa untuk menilai unjuk kerja.
- Guru memberi arahan agar siswa secara kelompok berdiskusimenganalisis data percobaan tekanan zat padat dan melengkapi LKS.
Konfirmasi :
- Guru memoderatori diskusi kelas: ada kelompok menyampaikan pendapat; sementara kelompok
lain menanggapi pendapat dan menjadi pendengar yang
baik (guru menilai siswa).
- Guru melakukan penilaian afektif menggunakan lembar acuan penilaian
afektif.
Kegiatan Penutup (15 menit)
· Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman dari seluruh kegiatan
pembelajaran.
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
· Guru memberikan evaluasi dalam bentuk posttest(untuk PR).
· Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan yang akan dating.
E. ALAT/BAHAN
· gambar bekas injakan sepatu
· plastisin
· beban
· pensil
· LCD
· penggaris
F. SUMBER BELAJAR
1. Karim, Saeful,dkk.2008. Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs . Jakarta:Depdiknas
2. LKS
3. lingkungan
Mengetahui. Palembang......................2011
Guru Guru Mata Pelajaran
Sri Siwi,
S.Pd Suciyati M.N
NIP.19670204 199003 2 005 NIM. 4201408064
Kepala SMP N 10 Palembang
Astomo, S.Pd
NIP. 19631231 198503 1
113
Tidak ada komentar:
Posting Komentar